Posted by: Marco Suswanto | February 1, 2008

Usaha Perikanan “Peluang Bisnis Yang Terabaikan”

Do you know?

Jawa Barat memiliki potensi besar yang belum sempat “terjamah” yaitu pengembangan usaha perikanan budidaya atau penangkapan. Dengan luas laut mencapai 16.000 Km2 dan peningkatan permintaan sekitar 10% per tahunnya, Jawa Barat semestinya dapat menjadi salah satu daerah penghasil ikan yang cukup besar di Indonesia. Sebagai contoh pada tahun 2007, pasar ekspor perikanan tumbuh dari 7.116,91 ton menjadi 7.828,60 ton dengan nilai ekspor mencapai 16,21 juta USD.

Dengan program sosialisasi Gubernur Jawa Barat “Gemar Ikan”, diharapkan akan terus meningkatkan tingkat konsumsi ikan dari 24,88 kg per kapita menjadi 26,5 kg per kapita. Penulis berpendapat bahwa hal ini adalah peluang usaha yang baik karena kebutuhan konsumen sudah nyata ada dan akan terus meningkat, serta modal yang dibutuhkan relatif kecil. Resiko yang mungkin terjadi adalah kegagalan dalam pembudidayaan sehingga diperlukan staf ahli di bidang perikanan dan budidaya perikanan dan tentunya perlu lahan yang ideal untuk melakukan budidaya.

Sumber : Kompas, Kamis, 31 January 2008

About these ads

Responses

  1. saya sedang memikirkan untuk membangun sebuah usaha dalam bidang perikanan …..namun saya msih bingung kira – kira sektor hewan konsumsi mana yang msih memberikan kentungan berlipat ganda dengan tingkat harga yang relatif tinggi??

    saya ohon berikan saya petunjuk…

    terima kasih

  2. Christian… Jenis hewan konsumsi yang menurut saya paling baik untuk dibudidayakan adalah udang dan ikan bawal, karena kedua jenis ini paling banyak disukai atau digemari oleh masyarakat pada umumnya. Terutama udang, jika hasil tambaknya cukup bagus (udangnya besar-besar) tidak menutup kemungkinan bisa diekspor karena udang beku di luar negeri prospek ekspornya juga bagus….Jika ada yang kurang jelas jangan ragu untuk bertanya..terima kasih

    NB : Lobster sangat menarik untuk dikembangkan

  3. Bapak-bapak apa gak sebaiknya pengembangan beluat aja, soalnya belut kan lebih mudah dan lebih tahan untuk dikembangkan daripada udang trus kebutuhan akan ekspor belut juga masih sangat terbuka

  4. betul pa, saya setuju dengan pa udin bahwa ternak belut saat ini cukup menjanjikan. Pasar Jepang saya dengar sangat terbuka untuk tujuan ekspor belut. Bila bapak-bapak berminat kita bisa bahas masalah ini untuk direalisasikan…bukan begitu lebih baik…ide tanpa realisasi tidak akan ada artinya…betuuulll

  5. memang saudara saudara untuk bisnis ke sektor perikanan cukup menjanjikan, tapi yang penting sekarang bagaimana kita bisa membuka link dengan sesama pebisnis, dimana tujuan kita yang utama dalah meningkatkan budidaya perikanan dan mengolah potensi hasil laut kita……..Bravo !!!

  6. wah…semakin seru saja, topik kita ini. Untuk saudara-saudara yang memiliki teman atau kerabat yang dapat dijadikan entry point, mitra atau mentor di bidang usaha perikanan ini, saya sangat ingin untuk bisa berkenalan atau sekedar bertukar ide dan pemikiran, bukan begitu teman2 semua. Silakan hubungi saya lewat email : marco.suswanto@gmail.com.

  7. gimana kalo ternak ikan lele aja…. selain modal yang kecil juga masa panen nya tidak terlalu lama, kalo untuk sekala kecil pemasaran nya bisa langsung ke pedagang pecel lele,,, dengan perhitugan harga lebih murah dari pasar,,,

  8. salah satu jenis ikan laut yang memiliki nilai jual bagus adalah kerapu, saya bersedia memberikan penjelasan tentang usaha ini tapi saya tidak paham bagaimana cara membuat proposal nya. Kepada yang berminat saya memiliki waktu untuk sekedar berbagi pengalaman dengan melihat langsung tempat pembudiyaan yang sedang saya kerjakan. Silahkan hubungi via email badri.grouper@gmail.com

  9. halllo..badri, untuk proposal tidak perlu khawatir saya bisa membantu untuk masalah proposal jika Badri memang sangat berminat mohon kirim konfirmasi ke saya melalui blogs ini. Nanti saya akan kirim kan contoh proposal dengan format yang baik dan sesuai dengan standar Bank (kalo2 butuh bantuan kredit modal)

  10. setuju dengan bapak marco.. tentang ternak belut. kayak nya bapak nie usahawan hhehhe…..

  11. Minta saran nih, keluarga kami memiliki tiga buah kapal penangkap ikan. Masing2 kapal mampu melaut selama 1 atau 2 bulan. Kira2 langkah2 apa yang diperlukan untuk menjadikan usaha ini menjadi perusahaan penangkapan ikan yang besar?? Selama ini hasil tangkapan baru disalurkan ke penadah.

  12. Untuk menjadi perusahaan penangkapan ikan yang besar, ada 2 hal yang diperlukan:
    Pertama, modal, Kedua pengelolaan bisnis yang baik.

    Untuk modal dapat dilakukan dengan meminjam ke bank atau investor dengan perhitungan bunga atau pembagian keuntungan yang beragam. Saran saya adalah cobalah Anda untuk mulai mencari tahu bagaimana Anda dapat mengumpulkan modal bisa dari modal pribadi, meminjam atau meminta bantuan investasi dari investor.

    Untuk pengelolaan yang baik bisa melalui beberapa hal misalnya:
    1. Mencari dan Me-maintain karyawan yang potensial
    2. Mulailah mencari alternatif lain selain mengirim hasil tangkap ke penadah, carilah jalur distribusi lain yang lebih menguntungkan, jangan terpatok pada satu jalur distribusi ini dapat menjadi bencana bagi bisnis anda dikemudian hari

    Sebenarnya ada 2 cara lain yang sangat potensial sekali dan dapat membuat keuntungan bisnis anda berlipat namun tidak dapat saia jelaskan detail disini, jika anda berminat anda dapat menghubungi saya dan dengan senang hati saya akan membantu anda

  13. saya ingin beternak belut.mohon penjelasan cara budidayanya dan pangsa pasarnya .thanks

  14. saya ingin tanya kalau untuk usaha pemula, sebaiknya usaha ikan apa, ada gk tempat atau balai untuk kita bertanya bagai mana cara usaha di perikanan, atau ada gk semacam bimbingan atau koperasi yang membimbing kita melakukan usaha perikanan bagi kita yang masih pemula. terima kasih

  15. hem…ikan air tawar mungkin itu yang paling mudah, namun dari segi margin keuntungan tidaklah sebesar udang atau lobster dan sejenisnya.

  16. btw, ada yg punya saran/ide plus minus untuk budidaya belut dan sidat?? mohon info bagi yang mengetahui mitra/plasma inti untuk budidaya ini. lokasi saya di bogor. terima kasih

  17. Perkenalkan saya Michael. Kami importir & distributor produk2 untuk perikanan khususnya di pembibitan ikan. Ovaprim, Testostorone, Estradiol, Unides, Vit C, Artemia, Spirulina, Shrimp Flake, Omega Protein, Oxytetracycline, Enrofloxacine, dan lain2. Jika ada kebutuhan produk2 perikanan silahkan menghubungi kami di http://www.polarisindustri.com
    Salam, Michael@polarisindustri.com

  18. plase ..
    nyari bibit lindung-nye dimane kalo ade yang tau dan berape per/kg-nya please kasih tau dan di tulis di rublik ini biar pade tau biar pade bise ngejalani usahe untuk idup yang lebih baek……
    di tunggu secepat-nye ntu info..

    Wassalam

    Gobang B.A ( Betawie Asli )

  19. pak sya pengen usaha belut, tp lahan terbatas…..tlong sarannya donk

  20. Ehm,ktanya d Jepang lg boomingna knsumsi belut. Mohon penjelasanya tntang budidaya belut pak. Kalau bisa jelasin tu gmna prospekna kedepan pak?

    Thax
    = dimasdalam=

  21. usaha belut harus benar2 teliti kalau nggak mau rugi

  22. pak marco tlg bantu sy bikin proposal budidaya ikan lele

  23. saya sedang mencari lokasi pembudidayaan lobster air tawar.
    bila ada yang mengetahui mohon bantuan agar sudi kiranya mengabari ke no.085222932935

  24. Pak, saya sisca. Saya adalah seorang mahasiswi teknik kimia UI. Saya cukup berminat dengan peluang usaha dibidang perikanan ini.
    Usaha ini pun saya harapkan dapat dikelola oleh orang tua saya.
    Seberapa menjanjikannya menurut bapak usaha perikanan ini? berdasarkan rekomendsi bapak, daerah mana yang dapat saya kunjungi untuk melihat atau membeli bibit untuk peternakan ikan atau udang yang cukup baik?

    e-mail bpak sudah saya catat..next time, saya butuh bimbingannya ya pak untuk usaha ini.
    ini e-mail saya pak : cute_survive_1@yahoo.com

    terima kasih.

  25. Pak, saya agus, saya berminat mengembangkan usaha di bidang perikanan laut, posisi saya di pacitan – jatim. Untuk itu saya berencana untuk melebarkan pangsa pasar perikanan usaha saya ke luar provinsi tepatnya di jateng. Apakah bapak punya link pembeli hasil laut di daerah jateng ?
    terima kasih sebelumnya.

  26. Pak, saya Indra N, saya baru beli kapal motor khusus untuk penangkapan ikan cumi di Sumatera namun terbentur masalah modal kerja untuk operasional usaha ini, saya ingin buat proposal dengan sistem bagi hasil atau menurut syariah Islam namun belum paham, maka pada kesempatan ini saya memohon kepada Bapak untuk dapat kiranya bantu saya dibuatkan proposal/contoh proposal untuk saya ajukan kepada pemilik modal yang akan saya ajak kerjasama. Atas bantuan Bapak saya ucapkan terimakasih.

    Hormat saya

    Indra Nurzaman

    alamat email saya r_tegar@yahoo.co.id

  27. butuh informasi tentang ikan betutu..

    saya mau mencoba distribusikan di jawa timur.

    khususnya surabaya..

  28. pak saya orang kudus di kudus banyak sekali industri tapi saya berminat usaha yang berhubungan dengan ikan terutama udang dan belut yang katanya punya peluang ekspor ke jepang.Saya menikah dengan orang jepang dan tinggal 7 th di jepang tapi tidak tahu caranya mengekspor ke jepang. minta bimbingannya usaha udang ato distributor udang .Arigatou gozaimasu..Marco san

    • halooo…masih ada yang butuh belut??? kalau butuh belut saya bisa suplai. kontak saya palem20@yahoo.co.id. dani tks

  29. saya masih mahasiswa universitas airlangga fak perikanan dan kelautan.
    saya juga sangat setuju dengan pendapat bapak marco suswanto tentang budidaya belut….
    memang saat ini belut kurang menarik namun saya yakin suatu saat belut ini akan dapat menjadi pesasing udang, saya saja mau coba budidya tapi kekurangn bahkan tidak ada modal khususnya dalam bentuk finance. dan sebetulnya banyak sekali peluang usaha disektor perikanan ini. saya juga bingung stlah lulus kuliah ini mau kemana saya, pengen wiraswasta tapi secara finance ga mampu. ayoooo semangat buat para pemegang modal untuk mengembangkan perikanan negara kita.

  30. pak,saya ingin bertanya,kr2 brp,y, modal yg hrs dikeluarkan utk memulai usaha di bidang perikanan,utk pemula?

  31. Pak marco.. mohon bantuannya cara mendapatkan dana pinjaman atau investor untuk usaha perikanan .. karena saya kebetulan tinggal di pulau dan masih belum termnafaatkan secara optimal usaha prikanan di sini.. bagaimana saya bisa menghubungi bapak untuk membuat proposal usaha perikanan?
    sebelumnya trima kasih pak

  32. pak armanto dan bapak2 yang berniat terjun di usaha perikanan, gimana kalo kita bertemu dan bekerja sama. kita buat rencana dan langkah2 yg kita lakukan dari proses pembelajaran sampe praktek langsung. modal barangkali bisa dishare bersama dulu sebagai media pembelajaran sebelum kita benar2 terjun di lokasi masing-masing. Pak marco, barangkali ada saran ?

  33. @syukur: panggil saya, mas Marco saja teman2 hehe….usulnya boleh jg…gimana bos2 semua disini kapan kita bisa kumpul2, lokasi saya di Bandung

    • mlm mas..mas saya kepengen usaha perikanan dikampung tepatnya di temanggung jawa tengah..saya lokasi sudah ada,akan tetapi pengetahuan ttg perikanan dan modal kurang..saya mohon saran gmana cara mengawali usaha ini mas..makasih..

  34. mas ,saya mau nanya, saya ingin belajr buka usaha dalam perikanan, ato usaha dalam ternak bekicot,, mau nanya klo untuk eksport ke luar prosedurnya seprti apa,dan mesti keman, terimakasih

  35. Mas marco …serius ga nih mo ngelakonin usaha perikanan? saya peternak belut yang belum sukses nih, dari pengalaman saya, yang ngaku ahli budidaya belut banyakan omong kosongnya. lokasi saya dijakarta, lokasi budidaya saya dipurwakarta.

  36. temen gw penjual ikan tawar, dari jenis nila,emas ,bawal ,komet,koi, dll. kalow berniat temen2 semua kita jualan ikan aja gima, saya menyuplai ikan nya hub.081318502531 .bali tuh kaya nya mantap untuk pangsa pasar nya ,banyk turiss…hehe

  37. allow rekan-rekan sekalian, mas marco yg saya hormati..saya andre. saya tertarik dengan dunia usaha agro dan perikanan tapi selama ini hanya memonitor tulisan2 dan artikel yg terkait dunia itu. Ada keinginan besar pada saya utk menekuninya mungkin disini ada teman2 yg mau berbagi dan bisa menjadi partner saya dalam memulai nya. Pak marco ada di bandung ya kebetulan saya tgl 12-15 ada di bdg, bgmn kalo kita bertemu pak?

  38. pa saya akan mencoba bisnis perikanan bagai mana cara melakukan pengelolaan ikan ya……saya mohon bantuan jenis ikan yg apa yg cepat besar..apa gurame,jaer,nila,mas,tawes,tambak?????????

  39. saya mau bertanya tentang ikan nila untuk besarnya butuh berapa lama ya?soalnya saya akan melakukan usaha ikan

  40. aslmkm,,,saya safar wira suasta pak,,saya ingin mencoba berbisnis ikan lele,,,,tolong dong pak bantuanya….

  41. saya ingin usaha ikan nila mas dan mujair, mhn penjelasan berternaknya segi kolam atau mungkin pakan yang harus diberikan setiap harinya . thanks

    • pa…tlg bantu saya to bikin proposal pinjaman modal usaha bidang perikanan air tawar (jenis ikan mas & nila)sistem jaring terapung…serta pendistributoran bibit ikan mas & mujair/nila…to pemasaran telah saya jalani selama 5thn lbh…& bila ada yang berminat to bekerjasama / berinvestasi bisa hub saya…trims

  42. mungkin kita bisa berbagi ilmu dalam perikanan
    menurut saya setiap ikan memiliki keunggulan masing2 bahkan cacing pun bisa menghasilkan keuntungan yang besar
    bagi yang ingin bertanya ataupun sekedar berbagi ilmu dalam perikanan dapat hubungi saya di
    ronny@yahoo.co.id

  43. saya sangat tertarik dengan usaha budidaya perikanan, karena hobby ternak ikan yang menjadi masalah bagaimana mana hobby ini menjadikan pendapatan. Bagaimana mulai usaha ini mohon pencerahan dari teman-teman terutama dalam hal pemasarannya dan yang paling menguntungkan dan resiko kecil budidaya apa yah.

  44. nama saya sam,saya tertarik dengan usaha perikana, terutama ikan bawal dan udang, bagaimana cara membudidayakan udang dengan benar dan pemasarannya dan jikalau mau di exspor harus kemana ya.
    mohon bantuan,penjelasan dan bimbingan bapak, terima kasih ya.

  45. pak sy isep, dikarawang.ingin budidaya ikan gurame padang,kalo ada yang jual berapa untuk ukuran 1 inc per ekornya? kalo ada info silahkan kirim e-mail ke : izep_ars@yahoo.com thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: